Charge Discharge (CDC) System

cdc.jpg

PLTS Charge Discharge (CDC) System

Charge discharge System atau lebih sering disingkat dengan CDC adalah teknik untuk melakukan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) dengan mengkonversi catu daya site BTS (Base Transceiver Station) dari dua genset menjadi satu genset dan baterai berikut rectifier pada remote area dimana catu daya dari PLN sulit diperoleh. Berdasarkan data aktual, dengan teknik CDC ini menyebabkan penghematan pemakaian bahan bakar hingga sebesar 75% dibanding teknik sebelumnya.

 

Informasi Tentang PLTS Charge Discharge System

Metode yang dilakukan untuk remote area adalah menggunakan dua unit generator set (genset) yang bekerja secara bergantian selama 7 x 24 jam sepanjang tahun. Sistem seperti ini dikenal sebagai system double genset. Metode ini memberi tekanan yang cukup besar pada keuangan mengingat tingginya biaya operasional yang harus ditanggung oleh Perusahaan di tengah persaingan antar operator telekomunikasi yang semakin ketat.

Inovasi sistem CDC didukung dengan kejelian dan kecermatan menghitung durasi aktif dan non-aktif genset lalu merancang sistemnya. CDC tidak memerlukan teknologi yang canggih untuk mengefisienkan penggunaan BBM di site. Cukup dengan menggunakan controller atau bahkan dengan timer pun sistem ini sudah bisa beroperasi dengan baik.

Genset aktif akan mencatu beban (BTS, radio microwave, DC fan dan perangkat lainnya) dan di saat yang sama men-charge baterai. Ketika baterai sudah penuh, generator set (genset) akan berhenti bekerja dan beban dicatu oleh baterai (discharge). Untuk mencapai efisiensi pemakaian bahan bakar yang tinggi diusahakan membuat durasi aktif genset sesingkat mungkin, akan tetapi masih mampu men-charge baterai yang sanggup mencatu beban cukup lama.

Pada umumnya, konfigurasi double genset yang digunakan adalah 2x20 kVA atau 2x17kVA dan beban total rata-rata sebesar 2.000 watt. Dengan melakukan teknik modelling ditemukan waktu charge dan discharge yang  paling efisien yaitu sebesar 6 jam dan18 jam sehari. Kapasitas baterai yang dibutuhkan adalah sekitar 860 Ah dan kapasitas rectifier sekitar 12,000 Watt.

 

Mengapa PLTS Charge Discharge System ?

- Dengan CDC, Baterai akan berfungsi secara optimal.

- Genset hanya beroperasi tidak lebih dari 10 jam per hari.

- harga pemeliharaan yang murah.

- harga murah konsumsi penuh.

 

Manfaat PLTS Charge Discharge System (CDC)

- Rendah emisi Co2.

- Membawa teknologi baru dan model bisnis untukdaerah sehingga menyebabkan kesempatan kerja baru untuk kebutuhan kompetensi.

 

Penawaran Bisnis PLTS Charge Discharge System

- Keberlanjutan layanan ( untuk pengguna akhir )

- meningkatkan penggunaan konten lokal ( TKDN )

- CME situs pemeliharaan dan keamanan situs

Konversi sistem Indoor sistem luar ruangan