Paket PLTS Terpusat 40kWp

PLTS terpusat.jpg

PLTS Terpusat  (Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat)

Wilayah Indonesia yang tersebar dengan meiliki banyak Pulau-pulau dikelilingi samudera yag luas menjadikan Indonesia kaya akan sumber alam. Selain kekayaan yang melimpah Indonesia dengan lebih dari 222 juta populasi tersebar di lebih dari 13,000 pulau. Hampir 70% dari populasi tersebar di 66,000 desa, dimana masih banyak yang belum terjangkau oleh jaringan listrik. Peraturan Presiden no 5 tahun 2006 mengenai energi baru terbarukan, dimana pemerintah secara komitment akan menurunkan pemakaian energi fosil (minyak bumi) s/d 50% dan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan s/d 50% pada tahun 2025.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat adalah suatu pembangkit listrik yang komponennya terdiri dari modul surya, alat pengatur, inverter, penyimpan listrik (batere), pemutus daya listrik. Untuk mengatasi terjadinya penurunan tegangan akibat jauhnya jarak pembangkit dengan rumah, maka PLTS sistem terpusat menggunakan output sistem AC (alternating current).

Dalam perencanaan pembangunan PLTS terpusat adalah pemakaian energi listrik pada setiap konsumen harus dibatasi pemakaian energi listrik per hari dalam satuan watthour (Wh). Yang perlu diperhitungkan adalah adanya keseimbangan antara jumlah pelanggan (total pemakaian Wh harian) dan kapasitas total energi yang dihasilkan modul surya (total produksi Wh harian). Pembatasan pemakaian energi listrik perlu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga batere dalam kondisi SOC (State of Charge) yang tinggi sehingga batere tidak cepat rusak.

 

Prisnsip Kerja PLTS Terpusat  (Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat)

Rangkaian modul surya fotovoltaik akan menghasilkan energi listrik arus searah (direct current). Besarnya tegangan dan arus listrik yang dihasilkan bergantung kepada beberapa hal seperti intensitas cahaya matahari, suhu udara sekitar modul surya, jumlah sambungan serial, dan jumlah sambungan paralel.

         Energi listrik yang dihasilkan oleh modul surya akan diatur penyimpanan di dalam batere oleh alat control batere (batere charge regulator). BCR akan menghentikan proses pengisian pada saat nilai tegangan batere telah mencapai titik tertentu. Selain itu BCR juga akan menghentikan pelepasan energi listrik (discharge) dari batere mana kala ambang batas bawah telah tercapai. Hal ini dilakukan untuk menjaga batere dalam keadaan baik dan tidak cepat rusak akibat pengisian dan pelepasan energi yang berlebihan.

         Energi listrik yang tersimpan didalam batere akan diubah menjadi aliran listrik arus bolak balik oleh INVERTER dan disalurkan ke rumah-rumah melalui kabel distribusi tegangan rendah (JTR) 1 phasa 230 V/50 Hz. Setiap rumah dilengkapi dengan alat pemutus energi untuk menjaga agar energi yang dipakai oleh konsumen dapat seimbang dengan energi yang masuk ke sistem terpusat.

Untuk membatasi penggunaan energi listrik oleh konsumen maka digunakan LIMITER yang berfungsi sebagai kWh limiter. Alat ini dipasang disetiap rumah dan akan bekerja sebagai pemutus arus listrik jika energi yang digunakan sudah mencapai nilai yang ditetapkan (diprogram terlebih dahulu)

 

Komponen Paket PLTS Terpusat 40kWp

  - Panel Surya (204 pcs)

  - Solar Charger (14 unit)

  - Inverter Schneider XW 8548 (6 unit)

  - Baterai (168 pcs)

  - SCP (1 set)

  - Monitoring Combox (1 set)

  - Panel Junction Box (14 set)

  - Panel Kontrol AC (1 set)

  - Panel Kontrol DC (1 set)

  - Kabel Dan Wiring (1 set)

  - Solar Mounting (14  set)

  - Rak baterai (7 set)

  - Penangkal petir (1 set)

  - Luas site plan (600m2)

  - Luas Power House (60m2)

  - Jaringan Distribusi (3500 meter)

  - Jaringan Kabel Rumah Tangga (5250 meter)

  - Tiang jaringan (88 unit)

  - Jumlah Rumah (210 set)