Grid Tie Sistem

Mengapa menggunakan listrik surya atap?

Grid Tie Sistem – Listrik surya atap merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya, yang memanfaatkan atap bangunan untuk memanen cahaya matahari secara maksimal. Sehingga tidak hanya dapat menghasilkan listrik bersih, pengguna juga dapat memaksimalkan fungsi ruang atap bangunan.

 

Mengapa sistem panel surya atap menarik untuk dicoba ?

Sistem panel surya ini ideal digunakan di bangunan pada kota-kota besar yang memiliki akses listrik 24 jam, dengan pola pembebanan atau penggunaan pada siang hari. Sistem ini menarik untuk dicoba karena:

  1. Mengurangi biaya listrik setiap bulannya.
  2. Memanfaatkan ruang atap rumah yang sudah ada.
  3. Memanfaatkan energi matahari yang disediakan secara Gratis.

Apa saja keuntungannya?

  • Penggunaan listrik anda Dengan menggunakan listrik surya, anda dapat menentukan berapa besar penggunaan dan daya yang anda butuhkan.
  • Efisiensi biaya pembayaran listrik Dengan menggunakan listrik surya, maka anda juga dapat “menjual” kelebihan produksi listrik ke PLN, sehingga dapat mengurangi biaya listrik.
  • Mengoptimalkan Fungsi bangunan Dengan menggunakan listrik surya, anda dapat memanfaatkan ruang atap bangunan. Sehingga memaksimalkan fungsi bangunan.
  • Terakui sebagai “green bussinessListrik surya dapat mendukung perusahaan yang ingin mengaplikasikan sertifikat hijau dan pengurangan konsumsi karbon.

Listrik surya atap dengan kWh EXIM

Melalui peraturan dan regulasi:

  1. Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 1 Tahun 2017 tentang operasi pararel pembangkit tenaga listrik jaringan tenaga listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO)
  2. Peraturan Direksi PT PLN (Persero) Nomor 0733.K/DIR/2013, 19 November 2013, tentang Pemanfaatan Energi Listrik dari Fotovoltaik oleh Pelanggan PT. PLN (Persero).
  3. Surat Edaran Direksi PT. PLN (Persero) Nomor 0009.E/DIR/2014 tentang Ketentuan Operasional Integrasi Fotovoltaik Milik Pelanggan ke Dalam Area Sistem Tenaga Listrik PT. PLN (Persero).
  4. Peraturan Direksi PT. PLN (Persero) Nomor 0190.P/DIR/2016 tentang (SPLN D5.005-1:2015), 13 Mei 2016, persyaratan teknis interkoneksi sistem fotovoltaik (PV) pada jaringan distribusi jaringan rendah.

Pemerintah telah mendukung pemasangan listrik surya atap di bangunan, rumah, kantor, pabrik ataupun instasi lainnya.

Di Indonesia, listrik surya atap dengan kWh EXIM, menggunakan skema net metering. Dimana listrik yang dihasilkan melalui pembangkit surya dapat di “off set” dengan jaringan listrik PLN. Sehingga pengguna hanya membayar sisa pemakaian kWh ke PLN, setelah dikurangi jumlah produksi panel surya. Hal ini dapat menghemat pemakaian listrik pengguna.

 

For Information Call Marketing

Handphone : +62812 20 400 100 Or +6221 883 834 34

Email : [email protected]